Selasa, 04 Februari 2020

Laporan Kegiatan Ranting NU Desa Juwet


SAMBUTAN DAN LAPORAN KEGIATAN
KETUA RANTING NU JUWET DISAMPAIKAN SAAT TURBA
PENGURUS DAN LEMBAGA MWC NU NGRONGGOT
DI KANTOR RANTING NU JUWET
RABU 5 PEBRUARI 2020

A.      PENDAHULUAN
Alhamdulillah, kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, dengan karuniaNya kita masih berada di jalanNya. Sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada Baginda Rosul Muhammad SAW.
Sesuai dengan agenda TURBA dari MWC NU Ngronggot pada hari ini rabu 5 Pebruari 2020. Kami mewakili pengurus ranting NU Desa Juwet Mengawali laporan kegiatan ini kami mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap Pengurus MWC NU Ngronggot serta pengurus Ranting dari jajaran syuri’ah dan tanfidziyah, dan seluruh masyarakat Desa Juwet, sehingga program-program yang telah kami rencanakan dapat dilaksanakan walupun masih banyak kekurangan-kekurangan.
B.       LAPORAN KEGIATAN
1.      Bidang Organisasi
Dalam bidang organisasi pengurus ranting NU Juwet sampai dengan saat ini belum bisa mengadakan kegiatan foto KARTANU yang dilakukan oleh ranting Juwet sebagaimana yang dulu pernah dilakukan pada tahun 2012, kecuali yang telah dilakukan oleh MWC NU Ngronggot pada tanggal 26 Desember 2019. Itupun baru sekitar 11 pengurus Ranting Juwet yang ikut foto KARTANU pada saat itu.
Dalam bidang organisasi, pengurus ranting NU desa Juwet mulai tahun 2017 telah membentuk LEMBAGA AMIL ZAKAT NU RANTING JUWET, dan TIM KOIN NU Peduli dan masih berjalan sampai saat ini. Walaupun KOIN NU perolehan tidak begitu banyak dibanding dengan awal-awal kemunculannya, namun tiap bulan sejak pertama kali muncul selalu istiqomah mbetok tiap bulannya. Salah satu kendala perolehan KOIN NU Peduli yang selalu turun jumlahnya adalah jumlah kaleng yang dibetok tiap bulan tidak bisa maksimal. Padahal TIM KOIN telah menyebar 500 kaleng, namun yang dibetok tiap bulannya hanya rata-rata 200 kaleng.



2.       Bidang Dakwah
Untuk Bidang Dakwah Pengurus Ranting NU Desa Juwet belum dapat berjalan dengan maksimal, walau begitu baru ada beberapa kegiatan rutin yang di programkan dan telah terlaksana, diantaranya adalah:
a.    Ziaroh Makam Leluhur
Ziaroh makam leluhur ini dilaksanakn rutin setiap menjelang bulan ramadhan yang diikuti oleh seluruh warga nahdliyin di Desa Juwet. Tempat-tempat yang diziyarohi adalah makam-makam leluhur yang ada di Desa Juwet antara lain: makam di Masjid Auliya Gendingan, Makam di Masjid Al-Yusuf Juwet, Makam Umum Juwet, Makam di Masjid Al-Hasan Juwet, Makam di Masjid Al-Kamil Juwet, Makam di Masjid Al-Jawahir Suruh, Makam tua di Suruh Lor, Makam di Masjid Grampang, Makam K.H Imam Ahmad Beruk, Makam di Musholla Mberuk.
b.    Sholat lail dan dzikir di bulan ramadhan.
Kegaitan Sholat lail dan dzikir ini rutin dilaksanakan pada malam-malam ganjil di bulan ramadhan yaitu malam tanggal 21, 23, 25, 27, 29  ramadhan dimulai pukul 01.30 WIB (dini hari). Kegiatan ini dilaksakan di Masjid-masjid se Desa Juwet. Namun yang sudah melaksankan kegiatan ini baru Masjid Al-Yusuf Juwet dan Masjid Al-Jawahir Suruh.
c.    Peringatan Hari Santri
Peringatan hari santri sudah rutin dilaksanakan setiap tahunya, yaitu mengadakan istighosah dan paginya melaksanakan kirab sepeda santai untuk santri-santri yang belajar di SD, MI, MTs, MADIN dan TPQ se desa Juwet. Dokumentasi kegiatan hari santri bisa dilihat di http://nurantingjuwet.blogspot.co.id/
d.   Rutinan Silaturrohmi warga nahdliyin dan Dialog Interaktif
Rutinan Silaturrohmi warga nahdliyin dan Dialog Interaktif ini adalah kegiatan rutinan bulanan pengurus NU Ranting Juwet, kegiatan ini dilaksanakn setiap akhir bulan yang tempatnya digilir pada musholla dan masjid yang ada di Desa Juwet.
Kegiatan yang dilaksanakn pada rutinan ini adalah untuk memecahkan permasalahan-permasalahan warga nahdliyin, narasumber dialog interaktif ini diambilkan dari pengurus NU Ranting Juwet, Modin desa Juwet, Kepala Desa Serta Perangkat Desa Juwet, ta’mir Masjid se Desa Juwet. Adapaun notulensi dan dokumentasi kegiatan dialog interaktif ini dapat dilihat di web site NU ranting Juwet dengan alamat : http://nurantingjuwet.blogspot.co.id/
e.    Rutinan Bahsul Masail
Rutinan bahsul masail ini dilakukan setiap satu bulan sekali, atau jika ada pertanyaan-pertanyaan yang masuk dari warga desa Juwet.
Pertanyaan dan notulensi jawaban dapat dilihat di web site NU ranting Juwet dengan alamat : http://nurantingjuwet.blogspot.co.id/
f.     Rutinan ngaji kitab minhajus saniyah
Rutinan ngaji minhajus saniyah ini rutin dilaksanakan setiap senin pahing malam selasa pon yang diasuh oleh KH Musthofa Aqil selaku rois syuriyah Ranting juwet yang ikuti oleh seluruh pengurus dan warga nahdliyin. Video ngaji minhajus saniyan bisa dilihat di http://nurantingjuwet.blogspot.co.id/
g.    NU Peduli takziyah
Setiap ada warga Juwet yang meninggal dunia seluruh pengurus melakukan takziyah mendoakan warga Juwet yang telah meninggal dunia dan meringankan keluarga dengan membawa AMINU.
h.    Rutinan Istighosah malam Jumat PON
Rutinan Istighotsah ini rutin dilaksanakan pada setiap Malam Jum’at Pon yang bertempat di makam situs gendingan, sebuah makam tua di desa Juwet, biasanya tempat yang dulunya masjid itu juga digunakan pengurus NU Ranting Juwet untuk balai pertemuan.
i.      Rutinan Mantab Keliling Sholawat Jam 9
Adalah rutinan setiap bulan, biasanya diawal bulan yang bertempat di musholla atau masjid atau rumah warga Juwet secara bergilir, konten acaranya adalah tadarus al-qur’an dan membaca sholawat.
j.      Rutinan Safari Ngopi
Rutinan safari ngopi adalah rutinan khusus untuk pengurus setiap 2 minggu sekali yang bertempat dirumah pengurus secara bergilir, acaranya adalah tahlil lalu dilanjutkan dengan ngopi, diskusi, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat.

3.      Bidang Sosial dan Ekonomi
Dalam bidang sosial dan ekonomi pengurus Ranting NU Desa Juwet baru mampu melaksanakan:
a.    Lembaga Amil Zakat NU Ranting Juwet
Lembaga Amil Zakat NU Ranting Juwet telah melaksanakan pengumpulan dan pembagian zakat fitrah pada malam 1 Syawal 1440 H yang tempatnya disentralkan di masjid masjid Al-Jawahir dusun Suruh
b.    Koin NU Peduli
Kegiatan Koin NU Peduli baru berjalan pada tanggal 22 Juli 2017 sanpai sekarang. Laporan kegiatan bisa diakses di : http://nurantingjuwet.blogspot.co.id/
c.    Penananam pohon pisang
Program penanaman pohon pisang yang bekerja sama dengan warga desa Juwet sudah berjalan sejak tahun 2018 sampai sekarang.
d.   EMO (Ekonomi Mandiri Organisasi)
Program ini adalah kerjasama antara pengurus NU dengan petani bibit alpokat, yang menjalankan usaha pembibitan khusus alpokat, program ini baru bisa berjalan akhir tahun 2019 kemarin.
4.      Bidang Kaderisasi
Dalam bidang kaderisasi Pengurus NU Ranting Juwet sudah bisa ikut berpartisipasi dalam memberangkatkan peserta PKP NU sebanyak 9 orang. Dan kegiatan PKPNU di desa Juwet sebanyak 32 orang.

C.       KONDISI KAS
Selama ini kondisi kas Pengurus NU Ranting Juwet sudah terbukukan secara a akuntabel yang bersumber dari iuran pengurus secara insidentil. Dan dari KOIN NU Peduli, dari Donatur, dan dari hasil usaha sendiri, semua pemasukan dan pengeluaran sudah terbukukan dan tercatat secara transparan, laporan keuangan bisa diihat di http://nurantingjuwet.blogspot.co.id/

D.      INVENTARIS
Inventaris NU tercatat dalam dokumen inventaris barang atau bisa diakses di http://nurantingjuwet.blogspot.co.id/

E.       PENUTUP
Demikian Laporan kegiatan ini kami buat dengan harapan masalah-masalah yang ada di Ranting NU Juwet bisa terselesaian dengan adanya kegiatan TURBA  Pengurus Dan Lembaga MWC NU Ngronggot Di Kantor Ranting Nu Juwet
Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan – kegiatan ke-NU-an di Ranting NU Desa Juwet. Semoga Allah Swt selalu memberikan rahmat, taufiq dan hidayahNya serta membalas semua amal ibadah kita. Amin ya rabbal’alamin
                                                                                                                               
                                                                                                                Dibuat di Juwet
                                                                                    Tanggal, 5 Pebruari 2020
                                                                                    Ketua Tanfidziyah Ranting NU Juwet



H. Hisyam
 

1 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It's really the ONLY reason this country's women live 10 years more and weigh an average of 19 kilos lighter than we do.

    (And actually, it has totally NOTHING to do with genetics or some hard exercise and EVERYTHING related to "HOW" they eat.)

    P.S, I said "HOW", and not "WHAT"...

    TAP this link to discover if this easy quiz can help you discover your real weight loss possibility

    BalasHapus