Senin, 11 September 2017

Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus NU Ranting Juwet masa Khidmah 2012-2017

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS RANTING NU DESA JUWET 
MASA KHIDMAH: 2012-2017 

A. PENDAHULUAN 
               Alhamdulillah, kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, dengan karuniaNya kita masih berada di jalanNya. Sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada Baginda Rosul Muhammad SAW. Sesuai dengan tertib organisasi di NU, bahwa kepengurusan Ranting NU Desa Juwet Masa Khidmah: 2012-2017 sudah akan berakhir pada 10 September 2017, maka diadakanlah reformasi ini dalam rangka mengevaluasi kegiatan organisasi NU di tingkat Ranting / Desa Juwet yaitu berupa Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), sekaligus untuk memilih calon – calon Pengurus Ranting NU Desa Juwet untuk Masa Khidmah 2017-2022. Mengawali laporan pertanggungjawaban ini kami mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap Pengurus Ranting dari jajaran syuri’ah dan tanfidziyah, dan seluruh masyarakat Desa Juwet, sehingga musyawarah dalam rangka reformasi pengrus Ranting NU Desa Juwet ini dapat terlaksana dengan baik. Berikutnya, kami mohon maaf yang kepada seluruh warga nahdliyin Ranting Juwet, bahwasannya kepengurusan Ranting NU Desa Juwet belum bisa berbuat banyak, namun demikian karena secara sosiologis masyarakat desa Juwet adalah masyarakat nahdliyin meski secara organisasi tidak termasuk dalam program rutin pengurus NU Ranting Juwet faktanya kegiatan-kegiatan yang mencerminkan kultur NU sudah berjalan cukup baik di masyarakat nahdliyin Desa Juwet, seperti kegiatan rutin pengajian, tahlil, yasinan, diba’, istighosah, manaqib yang memang sudah berjalan dan menjadi budaya baik di masyarakat desa Juwet. 
B. REALISASI KEGIATAN
 1. Bidang Organisasi 
                Dalam bidang organisasi, kepengurusan Ranting NU Desa Juwet belum dapat berjalan maksimal, dalam kurun waktu tahun 2013-2016 terjadi kefakuman kegiatan pengurus, kegiatan-kegiatan rutin belum terprogram dan teroganisasikan dengan sistematis. Walaupun demikian, para pengurus ranting NU desa Juwet secara individu cukup aktif dalam kegiatan-kegiatan di masyarakat seperti kegiatan rutin pengajian, tahlil, yasinan, diba’, istighosah, manaqib dan lain-lain yang memang sudah berjalan di masyarakat. Dalam bidang organisasi pengurus ranting NU Juwet telah melaksanakan program KARTANU yaitu yang telah dilaksakan pada tanggal 17 April 2013 di balai pertemuan desa Juwet yang tercatat sekitar 630 warga yang mengikuti pencetakan KARTANU. Dengan KARTANU diharapkan sumber daya manusia organisasi dapat terdata dengan baik. Dalam bidang organisasi, pengurus ranting NU desa Juwet pada tahun 2017 telah membentuk LEMBAGA AMIL ZAKAT NU RANTING JUWET, dan TIM KOIN NU Peduli yang secara rinci akan diurakan laporanya pada bidang Sosial dan Ekonomi. Untuk kedepan, kepengurusan ranting NU Juwet yang baru diharapkan mampu menjalankan roda organisasi dengan merencakan dan menjalankan program kerja yang tepat, sehingga bukan hanya kultur NU yang kuat, namun Ranting NU Juwet juga dapat kuat dan berkembang pada bidang manajemen organisasi. 
2. Bidang Dakwah Untuk Bidang Dakwah 
                   Pengurus Ranting NU Desa Juwet belum dapat berjalan dengan maksimal, walau begitu baru ada beberapa kegiatan rutin yang di programkan dan telah terlaksana, diantaranya adalah: a. Ziaroh Makam Leluhur Ziaroh makam leluhur ini dilaksanakn rutin setiap menjelang bulan ramadhan yang diikuti oleh seluruh warga nahdliyin di Desa Juwet. Pada bulan sya’ban 1438 H tercatat sekitar kurang lebih 300 warga ikut hadir dalam rutinan ini. Tempat-tempat yang diziyarohi adalah makam-makam leluhur yang ada di Desa Juwet antara lain: makam di Masjid Auliya Gendingan, Makam di Masjid Al-Yusuf Juwet, Makam Umum Juwet, Makam di Masjid Al-Hasan Juwet, Makam di Masjid Al-Kamil Juwet, Makam di Masjid Al-Jawahir Suruh, Makam tua di Suruh Lor, Makam di Masjid Grampang, Makam K.H Imam Ahmad Beruk, Makam di Musholla Mberuk. b. Sholat lail dan dzikir Kegaitan Sholat lail dan dzikir ini rutin dilaksanakan pada malam-malam ganjil di bulan ramadhan yaitu malam tanggal 21, 23, 25, 27, 29 ramadhan dimulai pukul 01.30 WIB (dini hari). Kegiatan ini dilaksakan di Masjid-masjid se Desa Juwet. Namun yang sudah melaksankan kegiatan ini baru Masjid Al-Yusuf Juwet dan Masjid Al-Jawahir Suruh. Adapun rangkaian kegiatan sholat lail antara lain: 1. Sholat taubat 2. Sholat hajat 3. Sholat lailatul qodar Kemudian dilanjutkan dengan bacaan zikir: 1. Istighfar 70 kali 2. Surat fatihah 3 kali 3. Sholawat 77 kali 4. Hasbunallah 77 kali 5. Do’a lailatul qodar 11 kali 6. Kalimat thoyyibah 41 kali 7. Do’a c. Ziarah Makam dan Dialog Interaktif Kegiatan rutin Ziarah makam dan Dialog interaktif ini adalah kegiatan rutinan bulanan pengurus NU Ranting Juwet, kegiatan ini dilaksanakn setiap akhir bulan yang tempatnya digilir pada makam-makam yang ada di Desa Juwet. Kegiatan yang dilaksanakn pada rutinan ini adalah tahlil yang diteruskan dengan dialog interaktif untuk memecahkan permasalahan-permasalahan warga nahdliyin, narasumber dialog interaktif ini diambilkan dari pengurus NU Ranting Juwet, Modin desa Juwet, Kepala Desa Serta Perangkat Desa Juwet, ta’mir Masjid se Desa Juwet. Sejak berjalannya kegiatan rutin ini sudah tercatat 17 permasalahan dalam bidang Agama, Sosial/Kematian/Pengantin, Ke NU an, kenegaraan, keta’miran terselesaikan dan dapat menambah pengetahuan baru bagi warga nahdliyin di Desa Juwet. Adapaun notulensi dan dokumentasi kegiatan dialog interaktif ini dapat dilihat di web site NU ranting Juwet dengan alamat : http://nurantingjuwet.blogspot.co.id/ Untuk ke depan harapan kami, pada kepengurusan ranting NU yang baru, dapat meneruskan kegiatan rutin ini dengan maksimal, serta dapat merancang kegiatan rutin lain yang lebih inovatif dan kreatif sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. 
3. Bidang Sosial dan Ekonomi 
               Kegiatan Bidang Sosial dan Ekonomi Pengurus Ranting NU Desa Juwet, memang belum begitu nampak di lapangan, oleh karena secara tehnis kegiatan di bidang ini sudah lebih banyak ditangani oleh Pengurus Ranting Muslimat dan Ansor Desa Juwet. Dan juga kelompok – kelompok yang memang berkompeten di bidangnya. Dalam bidang sosial dan ekonomi pengurus Ranting NU Desa Juwet baru mampu melaksanakan: 
a. Lembaga Amil Zakat NU Ranting Juwet 
            Lembaga Amil Zakat NU Ranting Juwet telah melaksanakan pengumpulan dan pembagian zakat fitrah pada malam 1 Syawal 1438 H yang tempatnya disentralkan di masjid Al-Yusuf Juwet. Dengan rincian perolehan sebagai berikut: ZAKAT FITRAH JIPZIS NU RANTING JUWET MASUK Faqir Miskin Amil Mualaf Riqob Ghorim Sabilillah Ibn Sabil Beras 505 Kg 213 Kg 206 Kg 15,5 Kg 0 0 52,5 Kg 18 Kg 0 
b. Koin NU Peduli 
               Kegiatan Koin NU Peduli baru berjalan pada tanggal 22 Juli 2017 dan telah di betok pada tanggal 25-30 Agustus 2017 dengan perolehan Rp 6.603.400 (Enam Juta Enam Ratus Tiga Ribu Empat Ratus Rupiah) adapun rincian perolehan dan rencana penggunaannya ada pada lampiran Laporan ini. Untuk kedepan harapan kami, bidang sosial dan ekonomi adalah program yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga kepengurusan yang baru dapat meneruskan program yang sudah ada dengan lebih maksimal dan membuat program baru yang lebih inovatif dan kreatif sehingga warga nadhliyin desa Juwet benar-benar dapat merasakan manfaat program tersebut. 
4. Bidang Kaderisasi 
             Dalam bidang kaderisasi pengurus Ranting NU Desa Juwet belum dapat membuat dan melaksanakan program dengan maksimal. Pengurus NU Ranting Juwet baru bisa ikut berpartisipasi dalam memberangkatkan peserta PKP NU yang diselenggarakan oleh MWC NU Kecamatan Ngronggot sebanyak 4 orang. Untuk kedepan harapan kami, bidang kaderisasi adalah bidang yang cukup penting, sehingga pengurus Ranting NU Desa Juwet yang baru harus punya program kaderisasi sehingga pada jangka panjang dapat lahir kader-kader baru yang lebih profesional dan kompeten. 
 C. KONDISI KAS 
             Selama ini kondisi kas Pengurus NU Ranting Juwet belum terbukukan dengan akuntabel, karena tidak ada pemasukan rutin, hanya iuran insidentil dari beberapa pengurus untuk kegiatan rutin yang perincianya ada pada lampiran ini. Untuk kedepan harapan kami, bagi pengurus NU Ranting Juwet yang baru dapat membukukan pemasukan dan pengeluaran secara akuntabel dan transparan, sehingga roda organisasi dapat berjalan lebih maksimal, terutama setelah adanya program koin NU Peduli. 
D. INVENTARIS 
              Sampai saat ini organisasi NU Ranting Juwet belum punya inventaris, kecuali gedung yang saat ini kita tempati. 
 E. PENUTUP 
               Demikian Laporan Pertanggungjawaban ini kami buat dengan harapan dukungan semua pihak, baik secara moril dan materiil. Kami menyadari adanya kekurangan - kekurangan, sehingga saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan. Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan – kegiatan ke-NU-an di Ranting NU Desa Juwet, terutama dengan terlaksananya reformasi pengurus Ranting NU ini. Semoga Allah Swt selalu memberikan rahmat, taufiq dan hidayahNya serta membalas semua amal ibadah kita. Amin ya rabbal’alamin 

 Dibuat di Juwet 
 Tanggal, 8 September 2017 
 Ketua Tanfidziyah Ranting NU Juwet 



Muhsin Anshori

1 komentar:

  1. mantap .saya minta izin untk menjadi acun laporan sy.terimakasih semoga mnjdai amal jariyah bpk.

    BalasHapus