Kamis, 18 Mei 2023

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS RANTING NU JUWET MASA KHIDMAT 2018 – 2023

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN 

PENGURUS RANTING NU JUWET

MASA KHIDMAT 2018 – 2023

A.      PENDAHULUAN

Alhamdulillah, kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, dengan karuniaNya kita masih berada di jalanNya. Sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada Baginda Rosul Muhammad SAW.

Sesuai dengan tertib organisasi di NU, bahwa kepengurusan Ranting NU Desa Juwet  Masa Khidmah: 2018-2023 sudah akan berakhir pada 4 Mei 2023, maka diadakanlah musyawarah ranting ini dalam rangka mengevaluasi kegiatan organisasi NU di tingkat Ranting / Desa Juwet yaitu berupa Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), sekaligus untuk memilih calon – calon Pengurus Ranting NU Desa Juwet untuk Masa Khidmah 2023-2028.

Mengawali laporan pertanggungjawaban ini kami mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap Pengurus Ranting dari jajaran syuri’ah dan tanfidziyah, dan seluruh masyarakat Desa Juwet, sehingga musyawarah dalam rangka penyegaran susunan pengrus Ranting NU Desa Juwet ini dapat terlaksana dengan baik.

Berikutnya, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga nahdliyin Ranting Juwet, bahwasannya kepengurusan Ranting NU Desa Juwet belum bisa berbuat banyak, namun demikian karena secara sosiologis masyarakat desa Juwet adalah masyarakat nahdliyin meski secara organisasi tidak termasuk dalam program rutin pengurus NU Ranting Juwet, faktanya kegiatan-kegiatan yang mencerminkan kultur NU sudah berjalan cukup baik di masyarakat nahdliyin Desa Juwet, seperti kegiatan rutin pengajian, tahlil, yasinan, diba’, istighosah, manaqib di masing-masing lokal dan dusun yang memang sudah berjalan dan menjadi budaya baik di masyarakat desa Juwet.

B.       LAPORAN REALISASI PROGRAM KERJA

1.      Bidang Organisasi

a.      Pendataan Pengurus, Anggota dan Warga NU

Dalam bidang organisasi pengurus ranting NU Juwet sampai dengan saat ini belum bisa mendata warga NU dalam data base yang akuntabel, namun untuk anggota dan pengurus 60 % sudah terdata dalam data base Ranting. Terbukti sebagian anggota dan pengurus sudah pernah ikut foto KARTANU yang dilakukan oleh ranting Juwet sebagaimana yang dulu pernah dilakukan pada tahun 2012, atau oleh MWC NU Ngronggot pada tanggal 26 Desember 2019 sekitar 11 pengurus Ranting Juwet yang ikut foto KARTANU pada saat itu, dan terakhir pada tanggal 11 Maret 2020 di kantor Ranting NU Desa Juwet bekerja sama dengan Bank Mandiri yang masih menyisakan beberapa masalah hingga saat ini, karena dari 99 orang yang ikut foto kartanu hanya 23 yang bisa jadi.

Metode pendataaan anggota NU yang lain (di luar Kartanu) adalah warga desa juwet yang tercatat dalam data base KOIN NU peduli sebanyak 500 anggota keluarga.

b.      Kaderisasi

Dalam bidang kaderisasi Pengurus NU Ranting Juwet sudah bisa ikut berpartisipasi dalam memberangkatkan peserta PKP NU sebanyak 9 orang, MKNU 2 orang dan kegiatan PKPNU di desa Juwet sebanyak 32 orang.

2.       Bidang Dakwah

Untuk Bidang Dakwah Pengurus Ranting NU Desa Juwet belum dapat berjalan dengan maksimal, walau begitu baru ada beberapa kegiatan rutin yang di programkan dan telah terlaksana, diantaranya adalah:

a.    Ziaroh Makam Leluhur se Desa Juwet (Rutin Tahunan)

Ziaroh makam leluhur ini dilaksanakn rutin setiap menjelang bulan ramadhan yang diikuti oleh seluruh warga nahdliyin di Desa Juwet. Tempat-tempat yang diziyarohi adalah makam-makam leluhur yang ada di Desa Juwet antara lain: makam di Masjid Auliya Gendingan, Makam di Masjid Al-Yusuf Juwet, Makam Umum Juwet, Makam di Masjid Al-Hasan Juwet, Makam di Masjid Al-Kamil Juwet, Makam di Masjid Al-Jawahir Suruh, Makam tua di Suruh Lor, Makam di Masjid Grampang, Makam K.H Imam Ahmad Beruk, Makam di Musholla Mberuk.

b.    Ziarah ke Makam Auliya (Rutin  2 Tahun sekali)

Ziarah ke makam auliya’ ini rutin dilaksanakan pada bulan Rojab-Ruwah baik itu dilakukan seperti pada wali jawa timur, wali jawa tengah, wali kenceng, wali pantura, wali jatim dan madura dll. Dalam pengurusan ini program ini berjalan 1 kali yaitu pada awal tahun 2022.

c.    Ziarah Makam Muassis NU (Rutin Tahunan)

Ziarah makam muassis NU ini rutin dilaksanakan setiap bulan Rojab-Ruwah yaitu di makam-makam Muassis NU di sekitar Kediri, Nganjuk dan Jombang.

d.   Sholat lail dan dzikir di bulan ramadhan. (Rutin tahunan)

Kegaitan Sholat lail dan dzikir ini rutin dilaksanakan pada malam-malam ganjil di bulan ramadhan yaitu malam tanggal 21, 23, 25, 27, 29  ramadhan dimulai pukul 01.30 WIB (dini hari). Kegiatan ini dilaksakan di Masjid-masjid se Desa Juwet. Namun yang sudah melaksankan kegiatan ini baru Masjid Al-Yusuf Juwet, Masjid Al-Hasan dan Masjid Al-Jawahir Suruh.

e.    Peringatan Hari Santri (Insidental)

Peringatan hari santri sudah rutin dilaksanakan setiap tahunya, yaitu mengadakan istighosah dan paginya melaksanakan kirab sepeda santai untuk santri-santri yang belajar di SD, MI, MTs, MADIN dan TPQ se desa Juwe, dan beberapa perlombaan tingkat TPQ se desa Juwet. Dokumentasi kegiatan hari santri bisa dilihat di www.nurantingjuwet.or.id

f.     Rutinan Silaturrohmi warga nahdliyin dan Dialog Interaktif  (Rutin Bulanan)

Rutinan Silaturrohmi warga nahdliyin dan Dialog Interaktif ini adalah kegiatan rutinan bulanan pengurus NU Ranting Juwet, kegiatan ini dilaksanakn setiap akhir bulan yang tempatnya digilir pada musholla dan masjid yang ada di Desa Juwet.

Kegiatan yang dilaksanakn pada rutinan ini adalah untuk memecahkan permasalahan-permasalahan warga nahdliyin, narasumber dialog interaktif ini diambilkan dari pengurus NU Ranting Juwet, Modin desa Juwet, Kepala Desa Serta Perangkat Desa Juwet, ta’mir Masjid se Desa Juwet. Adapaun notulensi dan dokumentasi kegiatan dialog interaktif ini dapat dilihat di web site NU ranting Juwet dengan alamat : www.nurantingjuwet.or.id,

Namun kegiatan ini mulai fakum atau tidak terealisasi lagi sejak akhir tahun 2019 atau menjelang pandemi covid 19, semoga kedepan program yang baik ini bisa direalisasikan lagi.

g.    Rutinan Bahsul Masail (Rutin 3 Bulanan)

Rutinan bahsul masail ini dilakukan setiap satu bulan sekali, atau jika ada pertanyaan-pertanyaan yang masuk dari warga desa Juwet. Pertanyaan dan notulensi jawaban dapat dilihat di web site NU ranting Juwet dengan alamat : www.nurantingjuwet.or.id

Namun kegiatan ini juga mengalami kefakuman atau tidak terealisasi lagi sejak akhir tahun 2019 atau menjelang pandemi covid 19, semoga kedepan program yang baik ini bisa direalisasikan lagi.

h.    Rutinan ngaji kitab minahus saniyah (Rutin Minguan)

Rutinan ngaji minhanus saniyah ini rutin dilaksanakan setiap senin pahing malam selasa pon yang diasuh oleh KH Musthofa Aqil selaku rois syuriyah Ranting juwet yang ikuti oleh seluruh pengurus dan warga nahdliyin. Video ngaji minhanus saniyan bisa dilihat di www.nurantingjuwet.or.id

Kegiatan ini semua hanya bertempat dikantor Ranting NU namun pada tahun 2019 dijadikan satu dengan kegiatan rutin safari ngopi sampai sekarang.

i.      NU Peduli takziyah (Rutin Insidental)

Setiap ada warga Juwet yang meninggal dunia seluruh pengurus melakukan takziyah mendoakan warga Juwet yang telah meninggal dunia dan meringankan keluarga dengan membawa NU Cless, jumlah NU Cless sebanyak 5 kardus.

j.      Rutinan Istighosah malam Jumat PON (Rutin Bulanan)

Rutinan Istighotsah ini rutin dilaksanakan pada setiap Malam Jum’at Pon yang bertempat di makam situs gendingan, sebuah makam tua di desa Juwet, biasanya tempat yang dulunya masjid itu juga digunakan pengurus NU Ranting Juwet untuk balai pertemuan.

k.    Rutinan Mantab Keliling Sholawat Jam 9 (Rutin Bulanan)

Adalah rutinan setiap bulan, biasanya diawal bulan yang bertempat di musholla atau masjid atau rumah warga Juwet secara bergilir, konten acaranya adalah tadarus al-qur’an dan membaca sholawat kemudian diisi ngaji kitab hujjah ahlussunnah wal jamaah oleh gus Qomaruddin selaku LDNU Ranting Juwet.

l.      Rutinan Safari Ngopi (Rutin Mingguan)

Rutinan safari ngopi adalah rutinan khusus untuk pengurus setiap 2 minggu sekali yang bertempat dirumah pengurus secara bergilir, acaranya adalah tahlil, hizib nasor, ngaji kitab minahussaniyyah lalu dilanjutkan dengan ngopi, diskusi, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat.

m.  Foging

Foging telah dilaksanakan pada hari kamis tanggal 23 Januari 2020 di Dusun Juwet karena ada tiga anak yang terkena demam berdarah.

n.    GSM (Gerakan Solidaritas Masjid)  (Rutin Mingguan)

Dilaksanakan setiap hari jum’at yang dimulai pada pertengahan tahun 2020 saat virus corona mulai menyebar, kegiatan ini berupa pembersihan dan penyemprotan masjid dengan disinfektan dan pembagian tempat cuci tangan kegiatan ini berjalan selama 1 tahun yang tidak jalan lagi sejak awal tahun 2021, semoga kegiatan baik ini bisa berjalan lagi kedepannya.

o.    Literasi Digital

Literasi digital ini dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu kegiatan literasi di sebarkan melalui facebook, IG dan web site, dan kegiatan literasi yang disebarkan melalui channel youtube, kegiatan tersebut berupa penulisan artikel, ngaji online, informasi kegiatan dll.

3.      Bidang Sosial dan Ekonomi

Dalam bidang sosial dan ekonomi pengurus Ranting NU Desa Juwet baru mampu melaksanakan:

a.    Lembaga Amil Zakat NU Ranting Juwet

Lembaga Amil Zakat NU Ranting Juwet telah melaksanakan pengumpulan dan pembagian zakat fitrah pada malam 1 Syawal 1440 H yang tempatnya disentralkan di masjid masjid Al-Jawahir dusun Suruh, namun pada perkembangan sekarang masing-masing musholla/masjid/lembaga sudah punya SK Amil Zakat dari Lazisnu MWCNU Ngronggot.

b.    Koin NU Peduli

Kegiatan Koin NU Peduli mulai berjalan pada tanggal 22 Juli 2017 sampai sekarang. Laporan terlampir atau bisa diakses di : www.nurantingjuwet.or.id

c.    Penananam pohon pisang

Program penanaman pohon pisang pernah berjalan pada tahun 2018, namun karena kurang optimal dalam pengelolaannya program ini tidak bisa berjalan lagi.

d.   EMO (Ekonomi Mandiri Organisasi)

Program ini adalah swadaya pengurus NU untuk menjadikan ranting NU Mandiri dalam bidang ekonomi, program ini mulai berjalan akhir tahun 2019 sampai sekarang.

e.    TOKO Online

NU Ranting Juwet telah memiliki Toko Online yang bernama “penghijauan Nusantara dan jagat bibit” pada 4 toko online terkemuka, shopee, tokopedia, bukalapak dan lazada, program ini sempat berkembang pada tahun 2020 di saat pandemi, namun diawal tahun  2021 sampai sekarang program ini tidak dapat direalisasikan lagi.

C.      KONDISI KAS

Selama ini kondisi kas Pengurus NU Ranting Juwet sudah terbukukan secara akuntabel dan transparan yang bersumber dari sumber rutin dan insidental, antara lain dari KOIN NU Peduli, iuran pengurus, dan dari hasil usaha sendiri, semua pemasukan dan pengeluaran sudah terbukukan dan tercatat secara akuntabel dan transparan, laporan keuangan bisa diihat di www.nurantingjuwet.or.id

1.         Hasil dari koin NU Peduli total saldo Rp. 3.152.200

2.         Hasil Iuran Pengurus Setiap Safari Ngopi saldo Rp. 1.880.000

3.         Hasil Jariyah mantab keliling saldo Rp. 634.000

4.         Jariyah qodho sholat saldo Rp. 250.000

5.         Saham NU Cleass saldo Rp. 400.000

6.         Hasil dari Emo saldo Rp. 3.740.000

7.         TOTAL SALDO KAS RANTING SAAT INI Rp. 10.056.200

D.      INVENTARIS

Inventaris NU tercatat dalam dokumen inventaris barang terlampir atau bisa diakses di www.nurantingjuwet.or.id

E.       PENUTUP

Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan – kegiatan ke-NU-an di Ranting NU Desa Juwet. Semoga Allah Swt selalu memberikan rahmat, taufiq dan hidayahNya serta membalas semua amal ibadah kita. Amin ya rabbal’alamin

                                                                                               

                                                                                    Dibuat di Juwet

                                                                                    Tanggal, 4 Mei 2023

                                                                                    Ketua Tanfidziyah Ranting NU Juwet

 

 

H. Hisyam 

 Lampiran Laporan Pertanggung Jawaban Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar