Jumat, 25 Oktober 2019

EMO dan Falfasah Kemandirian

EMO
Ekonomi Mandri Organisasi adalah upaya untuk memberi masukan terhadap organisani (NU ranting juwet) dalam sektor ekonomi. Dalam hal ini telah dirancang diupayakan dan dilaksanakan oleh semua pengurus (NU ranting juwet) yang di gagas tanggal 17 Oktober 2019 dan di launcing pada tanggal 22 Oktober 2019 bertepatan dengan hari santri nasional.

EMO
Adalah realisasi 9 RTL pkp nu yang termaktub dalam urutan nmr 6 yaitu Gerakan potensi ekonomi warga NU serta sumber sumber pendanaan NU
kami sebagai pengurus merealisasikan dalam kemasan EMO (ekonomi mandiri organisasi) yang mengacu pada pemberdayaan dan mengganti istilah koperasi (koperasi produk orba juga karena koperasi mengacu permodalan dg sistem simpan pinjam yg keuntungan kembali plg banyak ke person sedangkan EMO murni pemberdayaan artinya memberi tanpa mengharap kembalian)
EMO mengarah pendanaanya untuk menunjang berjalanya roda organisasi (NU ranting juwet) spt kegiatan yg bersifat struktural.

Sumber dana EMO
Untuk merealisasikan program ini, kami (pengurus NU ranting juwet dan simpatisan serta warga) mngadakan iuran sekali jalan yang kemudian dikelola oleh team pakar ekonomi mandiri(pengurus NU ranting juwet) dg sistem syirkah (60% pengelola 40% organisasi)

Sepak terjang EMO
Berawal dari perekonomian lokal yang bersumber dari pengelola'an penghijauan (pembibitan pendewasaan pemasaran) kami mencoba menembus batas kemandirian ekonomi untuk organisasi yang kami awali dari jajajran kepengurusan dan ini membuahkan hasil seperti target yang kami rancang, setahun kemudian baru kami resmikan menjadi program organisasi untuk menembus batas kemandirian, tepatnya 07 02 2020. hari itu juga kami resmikan EMO dg iuran minimal 30.000 tiap person.

Dana awal EMO

Dari pengumpulan iuran person yaqng berjumlah kurang lbh 2 jt kami belanjakan bibit apokat 150 btg (@ 10.000) dan bibit tabebuya 1000 btg (@ 500) yang kami rawat hingga hari ini harga berkisar (apokat @30.000 dan tabebuya @3.000)

Louncing EMO

Untuk mengenalkan diri kami telah menembus pasar digital berbasis media toko online (tokopedia bukalapak shopee lazada) dg kata pencarian Penghijauan NUsantara  dan kami rencanakan untuk louncing juga lewat website dg kata kunci *EMO RANJU# WISNU RANJU# HIJAU NUSANTARA#PENGHIJAU NUSANTARA# (sekarang masih dalam konsep kelengkapan)

Falsafah EMO
Kami pilih penghijauan sebagai bidikan EMO karena ini sejalan dg NU semakin digoyang akan semakin kuat begitu pula tanaman jika dipangkas maka semakin banyak tunasnya dg alamiahnya seluruh nusantara akan menjadi hijau seperti NU yang sekarang jadi pelopor perdamaian dunia.

Ending EMO
Jika program kami ini bisa diagendakan oleh ranting lain atau anak cabang atau cabang dan wilayah bahkan pusat, kami yakin program ini akan menjadi program yang mampu memandirikan organisasi dlm sekte ekonomi dan kami yakin program ini jika dikelola oleh ekonom ekonom yg berpengalaman komplit akan menjadi sebuah badan ekonomi organisasi (BEO) yang setara dg BUMN, Yang mampu menembus pasar global internasional.

coper +62 821-3232-0519

Tidak ada komentar:

Posting Komentar