Senin, 04 Juni 2018

Edaran Malam Ganjil di Masjid Al-jawahir


Nomor          : 011/NU-Ranting-Juwet/P/VI/2018                                         Juwet, 2 Juni 2018
Lampiran      : 1
Hal                : Pemberitahuan dan Undangan Menjaring Malam Lailatul Qodar

                       Kepada Yth
                       Bapak/Ibu/Saudara : _________________
                                                                 Di Tempat
Assalamualaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah atas Rahmat dan Ridlo Allah SWT. yang telah diberikan kepada kita, sehingga kita selalu dalam lindungannya.
Dalam rangka menyongsong lailatul qodar, pengurus Nahdlatul Ulama’ Ranting Juwet mengadakan kegiatan sholat lail dan dzikir bertempat di Masjid Al-Jawahir  Dusun Suruh dilaksanakan  pada malam-malam ganjil di bulan ramadhan yaitu malam tanggal 21, 23, 25, 27, 29  ramadhan dimulai pukul 24.00 WIB (tengah malam), dengan jadwal sebagai berikut:

No
Hari/tanggal
Imam sholat
Do’a
Waktu
1
Malam Rabu
6 Juni 2018 M / 21 Romadhan H
Agus Nadziful Fuad
Agus Nadziful Fuad
24:00 WIB

2
Malam Jum’at
8 Juni 2018 M / 23 Romadhan H
Agus Rolis/M.Salim
Agus Rolis/M.Salim
24:00 WIB

3
Malam Ahad  
10 Juni 2018 M / 25 Romadhan H
H. Hisyam
H. Hisyam
24:00 WIB
4
Malam Selasa
12 Juni 2018 M / 27 Romadhan H
Agus Fuad Ali Hasyim
Agus Fuad Ali Hasyim
24:00 WIB
5
Malam Kamis
14 Juni 2018 M / 29 Romadhan H
Agus Nadziful Fuad
Agus Nadziful Fuad
24:00 WIB

Adapun rangkaian kegiatan/amaliyah lailatul qodar  sebagaimana terlampir

Demikian pemberitahuan sekaligus undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami sampaikan terima kasih. Semoga Allah SWT menerima amal-amal sholeh kita dan memberikan keihlasan bagi kita



Lampiran Nomor                    : 011/NU-Ranting-Juwet/P/VI/2018  
Tanggal                                   : 2 Juni 2018                           
Hal                                          : Pemberitahuan dan Undangan Menjaring Malam Lailatul Qodar  

AMALIYAH LAILATUL QODAR

1.        Sholat taubat 2 rokaat أصلى سنّــة التوبــــة ركعتَين اماماً / مأموماً لله تعالــى
2.        Sholat hajat 2 rokaat أصلى سنّــة الحــاجة ركعتَين اماماً / مأموماً لله تعالــى
3.        Sholat mutlak 2 rokaat  أصلى ركعتَين اماماً / مأموماً لله تعالــى
4.        Sholat tasbih 4 rokaat (2 roaat salam) أصلّى سنـــة التسبيح  ركعتَين اماماً / مأموماً لله تعالــى
Kemudian dilanjutkan dengan bacaan zikir:
1.       Istighfar                                70 kali أستغـفر الله أتوب الـــيه ×
2.       Sholawat                               70 kali صلّى الله علـى محمّـد
3.       Hasbunallah                          70 kali حسبنا الله ونعم الوكيل
4.       Do’a lailatul qodar                11 kali اللهم إنك عفوّ كريم تحب العفو فاعف عنّى
5.       Istighfar                                70 kali أستغفر الله العظيم
6.       Kalimat thoyyibah                100 kali لا إلــــــه إلا ألله
7.       Do’a
KAIFIYAH
Diperbolehkan jamaah dalam sholat sunah seperti sholat witir, sholat Tasbih dan tidak di hukumi makruh dalam hal ini juga dapat fadilahnya berjamaah kalau memang niat untuk mengajari pada masyarakat atau mendorong mereka agar mau menjalankan sholat sunah bugyatul Mustarsidin Hal. 67 dan sholat sunah itu bisa di qodo' kapan saja karena sholat itu tujuannya untuk mengingat Allah. Hazinatul Asror Hal. 40.
1.    Nabi SAW bersabda " Tidak ada seseorang yang melakukan dosa kemudian berdiri dan bersuci lalu sholat kemudian minta ampun kepada Allah kecuali pasti Allah akan mengampuninya ". (HR. ABU DAWUD)
Do’a sholat taubat
أستغفر الله العظيم الذى لاإلـه الا هـو الـحـى الـقـيوم وأتوب إليـه توبـة عبد ظالم لا يملك لنفســه ضرّاً ولا نفعـاً ولا موتـاً  ولا حـياةً ولا نشوراً
2.    Sholat Hajat untuk seribu hajat yang diajarkan Nabi Hidir A.S. kepada sebagian ulama' . Dalam Rokaat pertama setelah Al-Fatihah membaca Surat Al Kafirun 10x, dalam rokaat kedua setelah Al- Fatihah membaca surat Al-Ihlas 10x. setelah uluk salam sujud Tadoruk dengan membaca sholawat 10x, Tasbih 10x, Robbana Atina 10x. Terus menghaturkan hajatnya pada Allah. Terus bangun dan berdo’:
لا إلــــــه إلا الله الحكيم الكريــم سبحان الله  رب العرش العظيم الحمد لله رب العالمين أسألك موجبــــات رحمـتك وعزائــم مغفرتك  والغنـيمة من كلّ برّ  والسّلامة من كل إثــم  لا تدع لنــا  ذنـباً الا غفرتــه  ولا همّــا الا فرجــته  ولا حـاجـة هـى لـك رضــا الا قضيــتـهـا  يا أرحم الراحمـين  .
 الأذكار ص 184


SHOLAT LAILATUL QODAR

3.    Rokaat pertama dan kedua setelah al-Fatihah membaca Surat Al-Ikhlas 7 X setelah salam membaca 70 X أستغفر الله وأتوب الـــيه

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : " barang siapa sholat dua rokaat di saat Lailatul Qodar yang pada setiap rokaatnya membaca Al-Fatihah dan Al-Ikhlas 7X dan setelah salam membaca 70X   أستغفر الله وأتوب الـــيه
Maka sebelum berdiri Allah akan mengampuni dosanya dan dosa ke dua orang tuanya dan menyuruh malaikat menanam pohon di surga untuknya serta membangun istana yang indah dan sungai yang mengalir dan dia tidak akan mati sehingga dia melihat itu semua ".
4.    Nabi SAW perintah pada pamannya Sayyidina Abbas RA. : " Bangunlah! Kerjakan sholat Tasbih 4 rokaat, andaikan dosamu menyamai pasirnya Gunung Alij maka Allah akan tetap mengampunimu ". Untuk sholat Tasbih, setelah Al Fatihah dan baca surat di tambah membaca Tasbih 15x lalu rukuk membaca tasbih 10x, I'tidal 10x, Sujud 10x, duduk diantara dua sujud ke dua 10x. Waktu duduk Istirokhah hendak berdiri 10x jadi setiap rokaat membaca Tasbih 75x. kalau 4 rokaat 300x membaca Tasbih terus berdo'a:
اللهم إنـى أسـئـلك توقيق اهـل الـهـدى  واعمـلَ اَهــل الـيقين  ومُـناصـحَةِ اهـل التوبـة  وعَـزْمَ اهـلِ الصَـبر وَجِــدَّ اهــلِ الـخشـية  وطلبَ اهــل الرغــبةِ  وتعــبدِ اهــل الورَع  وعرفــــان اهــل الـعلم حـتى أخـافك  اللهم إنـى أســئلك خــافة تجــزيـنى عن معاصيك  حـتى اعــمل بطاعتك عمـلا استـــحق بـــه رضــاك وحــتى اناصــحُك فى التوبة خـوفا منــك حتى اُحلـــص لك النـصيحة  حـبـا لــك وحتى أتوكل عليك فى الأمــور كلـهـا وأُحســن ظنى بـك سبحــان خالق الـنور. ربـنا أتـمـم لـنا نورنا واغـفـر لـنا انك على كل شـيئ  قــدير برحـمتك يا ارحم الراحـمين وصلى الله على سـيدنــا محمّد والــه اجـمعين.
السلاح ص 184
DO’A DIBULAN RAMADHAN
Do’a ini dibaca selama bulan ramadhan
إلــهـى وقــف الـقـا ئلون بـبابك  ولا ذاالفقراء بـجـنابك  ووقــفت سـفينة المساكـين على ساحل بحـر كرمك يرجون الـجوازَ الى سَـاحَة رحـمتك وبنعـمتك  إلـهى رَبِـــحَ الصَّائـمون  ونـجى المـخلصون ونحن عبدك المــذنبون فارحــمنا بـرحـمتك  وجُــد عـلينا بـفضلك ومِــنَّتـك واغـفرلنا اجـمعين برحـمتك يا ارحم الراحـمين وصلى الله على سـيدنــا محمّد والــه اجـمعين. اللهم إنـك عـفوٌّ تـحـب العفو  فاعـف عـنّى  اللهم إنـى أسـالك العفو والعافيـة والمـعافة الدائمـة فى الدين والـدنيا والأخـرة .

DO’A MALAM LAILATUL QODAR (Malam 21, 23, 25, 27, 29)
لا إلــــــه إلا الله الحـليم الكريــم سـبحان رب السمـوات الـسبع ورب الــعرش الــعـظيم × 3
اللهم إنـك عـفوٌّ كريم تـحـب العفو  فاعـف عـنّى  اللهم انـى أسـالك العفو والعافيـة والمـعافة الدائمـة فى الدين والـدنيا والأخـرة .


KEUTAMAAN MALAM LAILATUL QODAR
Nabi Musa A.S. di dalam munajatnya berkata : " Ya Allah, Saya ingin dekat dengan-Mu”. Allah menjawab: “Saya dekat dengan orang yang bangun di malam Lailatul Qodar”. Nabi Musa berkata lagi: “Ya Allah, Saya ingin Rahmat-Mu”. Allah menjawab : “Rahmat Ku untuk orang-orang yang memberi belas kasihan pada orang-orang miskin Malam Lailatul Qodar”. Nabi Musa berkata lagi: “Ya Allah, Saya ingin lewat Sirotol Mustaqim seperti kilat”. Allah menjawab: “itu diperuntukkan bagi orang-orang yang sodakoh di Malam Lailatul Qodar”. Nabi Musa berkata lagi: “Ya Alloh, saya ingin duduk santai di bawah rindangnya pohon-pohon di surga dan makan buah-buahannya”. Alloh menjawab: “itu semua diperuntukkan bagi orang yang membaca Tasbih di Malam Lailatul Qodar”. Kemudian Nabi Musa bertanya lagi : “Ya Allah, saya ingin selamat dari siksa kubur”. Kemudian Allah menjawab: “itu bagi orang yang mau membaca Istighfar pada Malam Lailatul Qodar sampai subuh”. Kemudian Nabi Musa bertanya lagi :”Ya Alloh, Saya ingin Ridho-Mu”. Kemudian Alloh menjawab: “Ridho-Ku untuk orang yang sholat dua rokaat pada Malam Lailatul Qodar”.


Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama’
Desa Juwet


H. Mustofa Aqil
Rois Syuriyah



Imam Ashari
Katib


H. Hisyam
Ketua



A. Izzul Muthok
Sekretaris









 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar