Sabtu, 23 September 2017

Mermbagi Daging Qurban Untuk Orang Kaya



Pertanyaan
Daging Qurban itu kan untuk fakir miskin, namun kenyataan di masyarakat daging qurban dibagikan secara merata (miskin kaya) karena fakir miskin sedikit, bagaimana penjelasanya?
Jawaban
Daging qurban dibagikan menurut tradisi artinya dari pendahulu kita daging qurban itu dibagi secara merata, qurban berbeda dengan zakat. kalau zakat itu ada pembagian yang berhak menerima. Menurut pandangan Islam daging qurban dibagikan kepada orang kaya itu namanya hadiah, dan jika dibagikan kepada fakir miskin itu namanya shodaqoh. Antara shodaqoh dengan hadiah menurut hukum Islam itu dibedakan, la kenapa kok dibedakan ? yang paling mudah adalah kita mengikuti tradisi orang pendahulu kita, maka kita ikut saja tradisi orang sepuh dulu. (Bapak Jamaludin)
Sejatinya qurban itu jamuan dari Allah, siapapun boleh makan, yang kaya boleh makan yang tidak kaya juga boleh makan, jadi tidak sama dengan bab zakat. Memang sebagian ulama ada yang memilah-milah, yang jelas semua boleh makan daging qurban baik yang miskin dan yang kaya (bapak H. Mustofa Aqil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar