Kamis, 23 Agustus 2018

Hewan Qurban Menjadi Kendaraan di Akhirat

°Hewan Qurban Menjadi Kendaraan di Akhirat°

Hal ini bukanlah sebuah mitos yang tanpa dasar sama sekali, melainkan bersumber dari ijtihad ulama dari hadits berikut:

عَنْ عَائِشةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ قَالَ: مَاعَمِلَ آدَمِىٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ. إِنَّهَا لَتَأْتِيْ يَوْمَ الْقيَامَةِ بِقُرُوْنِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا, وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنَ الأَرْضِ. .

“Dari Aisyah bahwa Nabi bersabda: “Tidak ada amal manusia di hari qurban yang lebih dicintai Allah daripada mengalirkan darah hewan. Sebab hewan itu akan datang di hari kiamat dengan tanduknya, bulunya dan kakinya. Dan sungguh darahnya telah diterima oleh Allah sebelum jatuh ke tanah” (HR. al-Tirmidzi)

Al-Qari mengutip dari Zain al-‘Arab:

يَعْنِي أَفْضَلَ الْعِبَادَاتِ يَوْمَ الْعِيْدِ إِرَاقَةُ دَمِ الْقُرْبَاتِ. وَأَنَّهُ يَاْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَمَا كَانَ فِي الْدُّنْيَا مِنْ غَيْرِ نُقْصَانِ شَيْءٍ مِنْهُ لِيَكُوْنَ بِكُلِّ عُضْوٍ مِنْهُ أَجْرٌ, وَبَصِيْرُ مَرْكَبُهُ عَلَى الصِّرَاطِ. .

“Amal paling utama di hari raya Idul Adha adalah menyembelih hewan. Hewan tersebut akan datang di hari kiamat sebagaimana ketika di dunia tanpa berkurang sedikitpun, agar dengan setiap anggota tubuhnya menjadi pahala. Hewan itu menjadi kendaraannya di atas shirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar