Rabu, 21 Februari 2018

Dialog Interaktif NU Ranting Juwet Pebruari 2018



NOTULENSI DIALOG INTERAKTIF DI MASJID K.H IMAM AHMAD BERUK SONOPINGGIR JUWET SENIN  5 PEBRUARI 2018

A. BIDANG AGAMA 
1.        PERTANYAAN
Apa itu agama dan fungsinya bagaimana ? Karena selama ini terasa kurang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari?
JAWABAN
Definisi agama adalah nasehat, fungsinya membahagiakan umatnya. Agama kurang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari karena kurangnya pengetahuan dan pengamalan.
Refrensi
Kitab Sulam Taufiq
Kitab Is'adurrofiq.
2.        PERTANYAAN
Dari sekian agama semua mengatakan yang terbaik trus apa kelebihan Islam dibanding agama-agama lain?
JAWABAN
Kelebihan Islam dalam bidang ketuhanan lebih logis karena mengajarkan monoteis (tauhid),  segi Nabinya lebih bisa menjadi contoh semua orang, (kalangan non muslim juga bisa merasio) dalam bidang kitab, Islam kitabnya otentik. Bidang ajaranya lebih universal (menyeluruh, mencakup semua sendi kehidupan)
3.        PERTANYAAN
Ada seorang wanita melahirkan anak hasil zina, setelah itu baru menikah.  Pertanyaan:  (a) Bisakah anak hasil zina itu nasabnya di ikutkan laki-laki yang menikahi wanita tersebut.  (b) Jika anak yang dihasilkan dari zina tersebut menikah bolehkah laki-laki yang menikahi ibunya menjadi wali pernikahanya.
JAWABAN
a.    Tidak boleh
b.   Tidak boleh menjadi wali, yg menjadi wali nikahnya anak tsb adalah wali hakim
Refrensi
Kitab Ghoyatuttalkhis hal 242
Kitab Iqna" juz 4 hal 126
4.        PERTANYAAN
Ada orang datang untuk melaksanakan sholat jum'at tapi jama'ah suadah pada posisi rokaat yang kedua. Pertanyaan: apa yg harusnya dilakukan orang yang terlambat tadi ?
JAWABAN
Harus ikut sholat jum’at dan menambah satu rokaat sholat jum’at
Refrensi
Kitab Bajuri Bab Sholat Jum'at
5.        PERTANYAAN
Diwaktu khutbah kedua sang khotib mengahiri hutbahnya dengan salam. Pertanyaan bagaimanakah hukumnya jum'atan yang khutbah keduanya diahiri salam tersebut. (Mbah Hadi)
JAWABAN
Sholat jum’at nya tetap sah
Refrensi
Kitab Busyrol Karim juz 2 hal 6
6.        PERTANYAAN
Ada rombongan datang ditempat jama'ah yang masih berlangsung yang mana rombongan itu ingin melakukan jama'ah sendiri (tidak ikut jama'ah yang masih berlangsung) . Pertanya'an: Rombongan itu lebih baik ikut berjama'ah yang masih berlangsung atau mendirikan jamah sendiri... (Mbah Hadi)
JAWABAN
Lebih baik melakukan jamaah sendiri dengan rombongannya
Refrensi
Kitab Busyrol Karim Juz 1 hal 120
7.        PERTANYAAN
Pak Zaid ketika masih hidup pernah mengatakan kepada istrinya yang bernama Zainab “rumah ini kalau nanti ditempati anak perempuan yang namanya Mar’ah jangan boleh merubah bentuk rumah” mungkin suatu saat Mar’ah mempunyai keinginan untuk merubah bentuknya rumah. Tapi sama Ibunya yang bernama Zaenab dilarang merubah bentuknya rumah. Pertanyaanya:  (a). Di dalam Islam pesannya Zaid tadi apa bisa disebut dengan wasiat? Dan wasiat itu sebenarnya apa ?.  (b). Mar’ah tadi harus bagaimana? Apakah selamanya tidak boleh merubah bentuk rumah ?
JAWABAN
a.    Tidak termasuk wasiat.
b.   Boleh merubah
Refrensi
Kitab Syarah Alyaquut Annafis hal 894
8.        PERTANYAAN
Di zaman sekarang ini kita sering menjumpai berbagai macam jual beli online terutama di media facebook, menawarkan barang daganganya melalui iklan foto yang bersifat umum,tetapi setelah di tanya/koment masalah harga si penjual cukup membalas dengan jawaban "CEK inbox" otomatis tawar menawar terjadi secara pribadi, pertanyaanya: Bagaimana hukumnya jual beli seperti itu melihat iklan adalah bersifat umum?
JAWABAN
Hukumnya sah
Refrensi
Buku Hasil Bahtsul Masail NU hal 103
9.        PERTANYAAN
Seorang suami yang sudah menceraikan istrinya (dengan talak ba'in) ingin menikahi wanita yang sudah ditalaknya, tanpa ada muhallil (penyela pernikahan). Pertanyaan Bolehkah mantan suami menikah dengan wanita mantan istri setelah ditalak bain tanpa ada muhallil ?
JAWABAN
Tidak boleh
Refrensi
Kitab Bajuri bab rujuk hal 53

B.  BIDANG KENEGARAAN
1.       PERTANYAAN
Dengan diadakannya dialog interaktif oleh organisasi NU, warga Juwet sangat senang karena bisa menjadi wadah yang menjembatani umat dengan Ulama, warga dan aparat. Dengan adanya program KIS dari pemerintah yang kenyataannya pembagiannya tidak merata dan terkadang salah sasaran, demi terwujudnya desa “SADAR” kami punya usul: Bagi warga yang belum punya KIS diberikan bantuan program pemerintah lainnya, misalnya PKH, KIP, KKS dll agar dana tersebut bisa untuk mengikuti program BPJS mandiri toh itu semua kembalinya juga kedesa SADAR. Keluhan: Banyak warga yang mempunyai KIS, PKH bahkan sampai numpuk-numpuk dan banyak yang tidak mendapat bahkan belum pernah tesentuh sama sekali program apaapun dari pemerintah, kalau tidak percaya bisa di cek dari pintu ke pintu. Pertanyaanya: (1) Ada berapa macam program bantuan dari pemerintah tolong sebutkan ? (2) Kapan keluhan kami ditanggi dan usulan kami diterima ? (3) Kapan petugas desa mengecek dari pintu ke pintu untuk mendata dan memberikan bantuan program bantuan dari pemerintah ?
JAWABAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar